Selasa, 10 September 2013

3 Tipe manusia menurut Imam Al-Ghazali

By edukasih-ilmu   Posted at  15.23   Islami No comments

Assalamu'alaikum...:)

Dari pada bengong, mending ni baca..! hehe :D

Al-Imam Ghazali mengibaratkan manusia itu menjadi 3 :
  • Manyakum manzilah malaikatil bararah, yaitu orang-orang yang bermanfaat untuk sesama, punya harta, hartanya bermanfaat untuk sesama, punya ilmu, ilmunya bermanfaat untuk sesama, punya akhlak, akhlaknya manfaat untuk sesama merekalah malaikat walaupun kelihatannya mereka manusia namun hakiktnya mereka berkumpul dengan para malaikat yg mulia.  
  • Man yakum manzilatil bahaim, yaitu orang-orang yang tidak bermanfaat untuk orang lain namun juga tidak membawa mudharat untuk orang lain mereka seperti binatang ternak.
  • Man yakum manzilatassiba, wadzariat, wal hayyat dan naudzubillah, yaitu orang-orang yang rupanya manusia namun hakikatnya mereka adalah macan yg menerkam, ular berbisa, kalajengking membawa rugi bagi yang lain.
so untuk teman-teman (terlebih untuk diri ane sendiri) kita bisa mengqiaskan siapa diri kita saat ini, apakah kita termasuk golongan yang bermanfaat untuk sesama :) , atau golongan yang seperti binatang ternak -_- , atau malah golongan yang membawa kerugian bagi orang laen :'( , Nauzubillah . . .

udah dulu yaa, semoga bermanfaat... Tulisan ini ane copas dari sms sahabat ane :)

Wassalamu'alaikum... ;)

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

FathuR_M
Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 DhugeM. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
Blogger Wordpress Gadgets