Senin, 23 September 2013

Manusia yang bermanfaat

By edukasih-ilmu   Posted at  16.54   Islami No comments


Assalamu’alaikum… :)

Kali ini ana bakal posting sedikit ilmu yang ana dapat katika menonton tausiyah dari Ust. Reza M. Syarif di salah satu acara di stasiun TV. Ini lah tausiyahnya.

Rasulullah saw. bersabda. "Sebaik-baik manusia adalah mereka yg paling bermanfaat bagi orang lain."

Ada 4 model manusia :

  1. Seadanya, andaikan anda seorang pelajar atau mahasiswa, manusia yang seadanya adalah mereka yang menjadi mahasiswa yang sekedar lulus kalau kuliah dan belajar.
  2. Mengada-ada, model ini hari-harinya dipenuhi dengan khayalan kosong tidak ada aksi atau tindakan sedikitpun, tiap hri yang dpikirkan hanya "andaikan saya punya mobil mewah, andaikan saya punya rumah yg megah, dll" tpi tidak pernah satupun dia usahakan untuk mencapainya.
  3. Ada-ada saja. "Asbet" Asal beda. Memang berbeda tapi perbedaannya tidak menunjukkan kualitas dirinya, dia berusaha tampil dengan tingkah laku yang aneh untuk menutupi kekurangan dirinya, untk menutupi rendah dirinya/mindernya.
  4. Lebih dari adanya. Tipe ini ada adalah manusia yang datangnya di nantikan, kepergiannya selalu di rindukan oleh orang banyak, ada satu pepatah arab yang mengatakan "jangalah adanya kita sama dengan tidak adanya kita”

Jika ingin menjadi manusia yang bermanfaat maka belajar dari seekor lebah, mengambil yang manfaat, mengeluarkan yg manfaat.

Ada tips untuk menjadi manusia yang bermanfaat :

Berusahalah sebanyak mungkin menabung kebaikan kepada orang-orang di sekeliling anda, Insya Allah pintu rizkipun akan terbuka.
Berusaha membuat situasi, suasana yang nyaman dan berkesan sehingga siapapun yg berdekatan dengan anda merasa bahagia, mersa punya manfaat,
Usahakan menjadi orang yang bermental melayani bukan minta dilayani, karena kemanfaatan akan terjadi ketika kita melayani orang bukan minta di layani oleh orang.

Marilah kita berusaha selalu membuat setiap menit yang kita lewati, setiap hari, setiap bulan, bahkan setiap tahun yg kita lewati semua berujung pada manfaat. :)

Ada sebuah do’a yang bisa kita baca dan kita amalkan bersama"... Mudah-mudahan ini akan mengingatkan kita slalu untk brbuat kebaikan dan bermanfaat bagi orang laen.

Allahhumma inni na'uzubika min 'ilmin laa yunfa'
Wa min qulubin laa yahsya'
Wa min qulubin laa tahsya'
Wa min nufusin laa tusba'
Wa min da'watin laa yustajaabalahaa.

Ya Allah, lindungilah aku dari ilmu yang tidak bermanfaat
Lindungilah aku dari hati yang tidak khusyu dan tunduk kepada-Mu
Lindungilah aku dari nafsu yang tidak pernah kenyang dan
aku berlindung kepada-Mu dari do'a yg tdk pernah di ijabah atau di kabulkan... Aamiin…

semoga postingan ini bermanfaat bagi yang baca atau yang tersesat ke blog ana ini… hehe
ana do’ain moga kalian bisa menjadi orang-orang yang bermafaat bagi orang lain.. Aamiin…
jangan lupa do’ain ana juga yaah… :D

Wassalamu’alaikum… :)

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

FathuR_M
Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 DhugeM. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
Blogger Wordpress Gadgets