Selasa, 17 Desember 2013

Tangan di Atas

By edukasih-ilmu   Posted at  02.49   Islami No comments

Bismillahhirahmanirrahim…

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Ahmad bin Hanbal dikatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.”

Setelah membaca hadits ini pasti sudah terlintas apa yang Rasulullah maksud.

Ya, maksudnya dengan “tangan di atas” adalah orang yang bersedekah, sedangkan yang dimaksud dengan “tangan di bawah” adalah orang yang menerima pemberian orang lain.

Lewat hadits “tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah” ini Rasulullah seolah berpesan kepada kita, “Hendaklah kalian menjadi orang-orang yang terhormat. Jangan hinakan diri kalian dengan meminta-minta. Jangan pernah merendahkan diri kalian hingga mencapai derajat ‘tangan yang selalu menerima’, tapi jadilah selalu ‘tangan yang memberi’. Hanya dengan cara seperti itu kalian akan tetap mulia dan terhormat. Jangan pernah kalian lupa bahwa ‘tangan di atas’ selalu tanang dan memberi kepada orang lain, sedangkan ‘tangan di bawah’ selalu cemas dan berharap pemberian orang lain. Jadilah kalian ‘tangan-tangan yang berkuasa dan jangan menjadi ‘tangan-tangan’ yang dikuasai. Jika kalian berada di atas, maka kalianlah ‘tangan yang di atas’.”

Kita sebagai generasi muda, mulai saat ini tanamkanlah mental sebagai seorang yang tangannya di atas, seorang yang senang memberi, karena ini adalah mental umat Islam yang sesungguhnya.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

FathuR_M
Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 DhugeM. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
Blogger Wordpress Gadgets